Dapatkan latihan dan pembahasan soal teori kejuruan, fisika, kimia dan matematika di situs web kami. Latihan soal untuk ujian UTS, UAS , UNBK maupun SBMPTN

Kamis, 14 Mei 2020

Ringkasan Materi Gerak Lurus Beraturan Pada Fisika

ringkasan gerak lurus beraturan
Guru Vokasi – Masa SMA dan SMK merupakan masa yang indah untuk bertemu dan bermain dengan teman-teman maupun pasangan, namun jangan terlena yaa…. Sambil asyyyik bersama mereka kamu jangan lupa untuk belajar, karena ketika kamu giat belajar peluang menjadi orang sukses juga lebih besar dan restu dan izin dari orang tua juga makin mudah untuk kalian hehe. Bayangkan jika kamu sudah sukses memiliki pekerjaan dengan gaji mentereng dalam dunia dunia online atau mungkin memiliki perusahaan jasa cloud hosting terbaik diIndonesia sehingga bisa membuka jasa reseller domain murah dan bawa mobil tanpa kredit alias beli kontan bukankah si doi maupun ortu bakal terpesona heheh, makanya dari sekarang belajar yang giat agar mimpi anda bisa tercapai, sudah dulu basa basinya kita masuk ke materi yang akan kita pelajari hari ini seperti yang ada dijudul tentang Posisi, Kecepatan dan Percepatan dalam Fisika.
Ketika SMP pastinya kita pernah memelajari yang dinamakan dengan Gerak Lurus. Apa sih yang dinamakan dengan Gerak? Dan besaran apa saja yang ada pada gerak lurus? Oke gais. Sebuah benda bisa dikatakan bergerak jika posisi / kedudukan dari sebuah benda berubah terhadap acuan tertentu, misalnya saja ada anda dari rumah naik honda jazz menuju kesekolah. seandainya anda digunakan sebagai titik acuan, maka anda dikatakan bergerak terhadap rumah anda namun anda dikatakan tidak bergerak dari honda jazz anda karena posisi anda tetap berada didalam mobil tanpa mengalami perubahan. Dari penjelasan tersebut dapat diartikan jika makna gerak bersifat relatif karena dilihat dari sudut pandang tertentu. Sebuah pergerakan sebuah benda akan menimbulkakn sebuah lintasan, dan lintasan ini dapat diartikan sebagai tempat posisi titik-titik yang dillaui sebuah objek yang bergerak. Jika lintasan benda berbentuk lurus maka dinamakan gerak lurus namun jika lintasan berbentuk parabola maka gerak objek tersebut dinamakn dengan gerak parabola, beda lagi jika bend atersebut berbentuk lingkaran maka gerak objek tersebut dinamakan dengan gerak melingkar. Unsur yang membentuk gerak ada tiga macam yaitu posisi, jarak dan perpindahan.

Gerak Lurus Beraturan dapat didefinisikan sebagai gerak sebuah objek yang memiliki kecepatan yang tetap.yang dinamakan dengan tetap adalah baik besar pergerakan maupun arahnya tetap tidak mengalami perubahan, karena kecepatan objek tetap sehingga kata kecepatan dapat dirubah menjadi kelajuan dengan demikian gerak lurus beraturan juga dapat didefinisikan sebagai gerak suatu objek dengan lintasan yang lurus dan kelajuan tetap per satuan waktu. Untuk lebih memhami materi garak lurus beraturan dapat dilihat pada tabel berikut ini: 
gerak lurus beraturan

Jadi, berdasarkan tabel diatas hubungan antara jarak, kecepatan, dan waktu dari sebuah benda yang bergerak lurus beraturan dapat ditulis melalaui persamaan berikut ini:
s = v.t
dimana
s = jarak dengan satuan m
v = kecepatan kecepatan dengan satuan m/s²
t = waktu sengan satuan s
Contoh Soal: 
Waktu yang diperlukan menempuh perjalanan dari kota Banda Aceh ke Kota Medan adalah 7 jam. jika jarak kedua kota tersebut adalah 420 km, maka berapakah waktu yang diperlukan untuk tiba di kota Pekanbaru dari kota medan, jika jarak antara kota PekanBaru dan kota Medan adalah 900 km?
diketahui 
s       = 900 km
t       = 7 jam
Ditanya waktu dari kota Medan ke kota Pekabaru?
Dijawab 
\begin{aligned} v\ &=&\frac{s_{BA →M}}{t_{BA →M}}\\ &=&\frac{420\ km}{7\ jam}\\ &=&60\ km/jam\\ t\ &=&\frac{s_{M →PB}}{v}\\ &=&\frac{900\ km}{60\ km/jam}\\&=&15\ jam \end{aligned}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar