Dapatkan latihan dan pembahasan soal teori kejuruan, fisika, kimia dan matematika di situs web kami. Latihan soal untuk ujian UTS, UAS , UNBK maupun SBMPTN

Sabtu, 16 Mei 2020

Ringkasan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Pada Fisika

konsep glbb
Guru Vokasi - Musim Ujian semester telah tiba, walaupun dengan pandemik covid-19 yang mewabah di sekitar kita namun tak menghalangi semangat kita untuk selalu belajar demi menggapai cita-cita yang kita impikan. Selain itu musim untuk memasuki perguruan tinggi favourit juga semakin dekat. tetap semangat dan jaga kesehatan agar waktu untuk belajr kita tidak terganggu dikala kondisi lingkungan yang tidak menentu ini. Pada materi yang telah lalu kita telah membahas tentang Gerak Lurus Beraturan dan terdapat beberapa contoh soal sehingga kita bisa memahami apa itu Gerak Lurus Beraturan atau biasa disingkat dengan GLB. dan pada kesempatan kali ini kami akan merangkum materi tentang Gerak Lurus Berubah Beraturan untuk melengkapi materi sebeliumnya.

Grafik Kecepatan Terhadap Waktu
Gerak Lurus Berubah Beraturan dan setelah nya akan saya singkat menjadi GLBB bisa didefinisikan sebagai gerak sebuah objek yang memiliki lintasan lurus dengan kecepatan yang berubah seiring dengan bertambahnya waktu namun memiliki percepatan yang tetap (v = berubah sedangkan a = tetap), yang dimaksud dengan percepatan tetap disini adalah besar dan arahnya.
Sebuah benda yang melakukan GLBB memiliki percepatan yang tetap, sehingga grafik percepatan terhadap waktu (a-t) berbentuk garus lurus horizontal sejajar sumbu waktu.
materi GLBB kelas X
Percepatan tetap bisa diartikan jika benda mengalami perubahan kecepatan yang sama dalam waktu yang sama, oleh sebab itu grafik (v-t) beebrntuk garis lurus condong ke atas dengan gradien yang tetap. Jika benda memulai GLBB dari keadaan diam (v=0)  maka grafik v-t condong keatas melalui 0,0 
materi GLBB kelas X
namun jika benda memulai GLBB dari keadaan bergerak (v ≠ nol) maka grafik v-t grafik condong keatas melalui titik potong v (0,v) dan grafik tersebut dinamakan GLBB dipercepat (GLBB) dengan percepatan positif).
materi GLBB kelas X
Perbedaan Percepatan Rata-rata dan Percepatan Sesaat
Percepatan rata-rata dapat didefisikasn sebagai hasil pembagian antara perubahan kecepatan benda (Δv) terhadap selang waktu berlangsungnya perubahan kecepatan (Δt) persamaan percepatan rata-rata dapat ditulis secara matematis seperti pada persamaan berikut ini: $$\bar{a}=\frac{Δv}{Δt}=\frac{v_2-v_1}{t_2-t_1}$$ dimana:
v₂ adalah kecepatan [ada saat t = t₂ dan v₁ adalah kecepatan pada saat t = t₁
Sedangkan Percepatan sesaat dapat didefinisikan sebagai perubahan kecepatan dalam waktu yang singkat. dan persamaannya dapat ditulis sebagai berikut ini:
$$a={\frac{\lim}{t→0}}={\frac{v}{t}}$$ Rumus-rumus penting dalam GLBB
\begin{aligned}s&=&v_0\bullet\ t+\frac{1}{2}{\rm at}^2\\ v_t&=&v_0+a\bullet t\\ v_t^2&=&v_0^2+2\bullet\ a\bullet\ s\\s&=&\frac{v_t+v_0}{2}t \end{aligned} dimana:
s     = jarak (m)
a     = percepatan (m/s²)
vt    = kecepatan (m/s)
v₀   = kecepatan (m/s)
t      = waktu (s)
Terimakasih sudah berkunjung diwebsite kami, ini sekedar rangkuman yang saya buat untuk membantu teman teman agar bisa memahami Gerak lurus Berubah Beraturan, Jika bermanfaat jangan lupa untuk membagikan materi ini ke media sosial anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar