Dapatkan latihan dan pembahasan soal teori kejuruan, fisika, kimia dan matematika di situs web kami. Latihan soal untuk ujian UTS, UAS , UNBK maupun SBMPTN

Senin, 22 Juli 2019

Ringkasan Materi Besaran dan Satuan Untuk Menghadapi UNBK, UAS dan Mid Semester

Apa itu Besaran dan Satuan? Ini Penjelasannya.
Guru vokasi- Besaran dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Macam-macam besaran terbagi menjadi dua yaitu Besaran Pokok dan Besaran Satuan. Besaran pokok dapat diartikan sebagai besaran yang satuannya telah ditetapkan telebih dahului dan bukan dari turunan besaran lainnya, contohnya Besaran panjang, Besaran massa, Besaran waktu, Besaran suhu, Besaran kuat arus listrik dan Besaran intesitas cahaya.
Besaran pokok

Besaran turunan  dapat diartikan sebagai turunan dari besaran pokok, misalnya rumus luas berasal dari perkalian dari panjang dan lebar, satuan rumus luas termasuk besaran turunan karena rumus luas diturunkan dari dua besaran pokok yaitu panjang. Demikian juga dengan volume termasuk besaran turunan karena diturunkan dari 3 besaran pokok, yaitu berasal dari perkalian panjang x lebar  x tinggi.
Besaran Turunan
Sebelum adanya standart Internasional setiap negara memiliki sistem satuannya sendiri, misalnya satuan panjang di negeri kita sendiri lebih mengenal hasta dan jengkal dan diinggris satuan panjang dikenal dengan inci dan kaki (feet) dan diperancis menggunakakan meter. keanekargaman sistem satuan ini dapat menimbulkan kesulitan, kesulitan yang pertama mengkonversi satuan negara satu dengan yang lainnya misalnya mengkoversi jengkal ke kaki (feed), kesukaran kedua setiap satuan membutuhkan standar ukurnya masing-masing agar sesuai dengan satuan yang digunakan. oleh sebab itu untuk mengatasi kesukaran tersebut maka dicetuskanlah sebuah gagasan untuk menggunakan satu standart satuan saja sebagai acuan menentukan besaran-besaran diseluruh negara, Sebuah perjanjian international telah menetapkan satuan sistem internasional (International system of Units) disingkat dengan satuan SI. Satuan SI diambil dari dari sistem metrik yang telah digunakan oleh prancis pasca revolusi pada tahun 1789. Jika satuan ini terdapat tujuh besaran pokok maka juga terdapat tujuh satuan pokok yaitu  meter (m), kilogram (kg), sekon(s), ampere (A), kelvin (K), candela (cd), dan mole (mol).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar