Dapatkan latihan dan pembahasan soal teori kejuruan, fisika, kimia dan matematika di situs web kami. Latihan soal untuk ujian UTS, UAS , UNBK maupun SBMPTN

Jumat, 12 Juli 2019

Penjelasan Ilmu Kimia dari Para Ahlinya

apa itu ilmu kimia
Pertanyaan yang sering terlintas dipikiran kita saat pertama kali mendengar kata ilmu kimia adalah, apa sih Kimia? apa sih pengertian dari ilmu kimia? Apa sih manfaat mempelajari Ilmu Kimia? Jika saya yang menjelaskan pasti sangat sulit untuk merangkainya dalam kata-kata, karena untuk mendefinisikan Ilmu Kimia agar dapat melingkupi keseluruhan yang dibahas dalam Ilmu Kimia tidak cukup menggunakan dua sampai tiga paragaf. Namun secara singkat dirangkum dari segala sumber yang ada (mbah google) Ilmu Kimia dapat diartikan sebagai Ilmu tentang pemahaman dari rekayasa materi. Maksud  dari rekayasa materi disini adalah merubah suatu materi baik ditambah maupun dikurangi materinya agar berubah menjadi materi lain yang berbeda dari materi awal. Misal contoh perubahan materi tersebut adalah merubah minyak bumi menjadi plastik, atau minyak kelapa menjadi sabun. Untuk dapat melakukan rekayasa perubahan tersebut kita wajib mengethui susunan, struktur dan sifat-sifat materi dari bahan yang akan kita rubah. oleh sebab itu ilmu kimia juga dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari mengenai susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan materi. Selanjutnya saya akan membahas agar definisi ilmu kimia dapat menjadi lebih jelas.
Selanjutnya apa sih susunan materi? kita ambil contoh saja air adalah suatu senyawa dari hidrogen dan oksigen dengan rumus kimia H₂O, alkhohol atau biasa disebut etanol merupakan senyawa dari karbon, hidrogen, dak oksigen dengan rumus kimia C₂H₆O.
Para ahli kimia diseluruh dunia menentukan susunan materi setiap zat melalui berbagai macam percobaan, dari zat yang paling sederhana seperti air sampai zat yang paling kompleks. misal protein dan DNA. Pengetahuan mengenai susunan zat mampu membantu manusia untuk memahami sifat zat tersebut. misalnya alkohol dapat terbakar dikarenakan adanya materi karbon, oksigen dan hidrokarbon yang membentuk ikatan kurang stabil yang dapat bereaksi dengan oksigen diudara sehingga membentuk ikatan yang stabil, Lain halnya dengan air yang merupakan senyawa hidrogen dengan oksigen, kedua zat tersebut tidak dapat bereaksi dengan oksigen diudara karena kedua zat tersebut tidak dapat membentuk ikatan yang lebih stabil dengan oksigen diudara hal ini menyebabkan air tidak dapat terbakar dengan mudah.
Bahasan kita selanjutnya adalah Struktur Materi >>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar