Dapatkan latihan dan pembahasan soal toeri kejuruan, fisika kimia dan matematika di situs web kami. Latihan soal untuk ujian UTS, UAS , UNBK maupun SBMPTN tak lupa website kami juga menyediak tutorial Cnc simulator, Autodesk Inventor Pro dan Mastercam

Selasa, 03 Desember 2019

Pembahasan Soal USBN Besaran Pokok dan Besaran Turunan

bank soal fisika smk
Satrio baru saja membeli drone di toko elektronik di tengah kota, Jika drone yang dipilih merupakan model DJI spark dengan harga Rp. 7.500.000. Drone Jenis ini memiliki kelebihan dapat terbang selama 16 menit, memiliki kecepatan terbang 50 km/jam, jumlah gimbal sebanyak 2 buah sedangkan untuk kekuatan lensa kamera sebesar 12 MP drone jenis ini memiliki daya baterai sebesar 5700mAh. Pernyataan yang tepat untuk soal diatas adalah ….
a. Terdapat besaran panjang seperti 12 MP
b. Terdapat besaran kecepatan Rp 7.500.000
c. Terdapat besaran kuat arus seperti 5700 mAh
d. Terdapat besaran daya seperti 50 km/jam
e. Terdapat besaran waktu seperti 2 buah gimbal
Guru Menjawab
Point A Salah dikarenkan panjang merupakan besaran pokok yang memiliki satuan adalah meter. sedangkan MP merupakan singkatan dari MegaPixel.
Point B salah dikarenakan Kecepatan merupakan besaran turunan dari m/s atau perpindahan per waktu
Point C Benar dikarena kuat arus merupakan besaran pokok yang memiliki satuan ampere, Besar Kuat arus yang dimiliki gimbal DJI spark adalah 5700 mAh. Kuat Arus yang tersedia dapat digunakan untuk menerbangkan drone selama 16 menit dengan kecepatan maksimal 50 km/jam.
Point D Salah karena daya merupakan hasil turunan dari besaran usaha (W) berbanding / dibagi besaran waktu (t), sedangkan 50 km/jam merupakan besaran turunan dari kecepatan
Point E Salah karena waktu merupakan besaran poko dengan satuan sekon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar