Dapatkan latihan dan pembahasan soal teori kejuruan, fisika, kimia dan matematika di situs web kami. Latihan soal untuk ujian UTS, UAS , UNBK maupun SBMPTN

Senin, 08 Juli 2019

Ringkasan Materi Gelombang Dalam Ilmu Fisika - disertai Contoh Soal

Apa itu gelombang

Guru Vokasi - Apa itu Gelombang? Gelombang dalam ilmu fisika dapat diartikan sebagai getaran yang bisa berulang dan bisa merambat melalui media tertentu atau bahkan tanpa media sekalipun, dan gelombang juga terdapat pada medium karena adanya perubahan bentuk yang menimbulkan gaya pegas dimana dapat berjalan dan juga dapat memindahkan energi dari suatu tempat ke tempat yang lainnya tanpa membuat pertikel medium berpindah secara permanen.  Satu gelombang dapat didefinisikan terdiri dari satu puncak dan satu lembah, panjang satu puncak dan satu gelombang tersebut dinamakan sebagai panjang gelombang.
Baca Juga
Ringkasan Materi Fisika Gelombang Berjalan Disertai Rumus Penting
Ringkasan Materi Fisika Gelombang Diam Beserta Rumus Penting
Perioda dan Frekuensi Gelombang
Perioda gelombang dapat didefinisikan sebagai waktu yang dibutuhkan sebuah gelombang untuk menempuh satu panjang gelombang. Sedangkan frekuensi gelombang didefinisikan sebagai jumlah gelombang  yang melewati suatu titik setiap sekon nya. untuk memperjelas hubungan antara frekuensi dan perioda dapat dinyatakan dalam persamaan berikut ini: $$f=\frac{n}{T}$$ dimana f = frekuensi (Hz) sedangkan T = perioda (s)
Cepat Rambat Gelombang
Cepat rambat gelombang didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh gelombang per sekon. pada gelombang, dalam periode T, jarak tempuhnya sama dengan panjang gelombang, sehingga cepat rambat gelombang dapat dinyatakan dalam persamaan berikut: $$v=\frac{Δs}{Δt}=\frac{\lambda}{T}\ atau\ v=\lambda.f$$ dimana v = cepat rambat gelombang (m/s) dan ƛ= panjang gelombang (m)
Kecepatan rambat gelombang bergantung pada karakteristik mesdium yang dilaluinya, contoh kecepatan gelombang pada tali bergantung pada tegangan tali FT dan massa persatuan panjang tali, µ= m/L, jika amplituod kecil hubungan persamaannya sebagai berikut: $$v=\sqrt{\frac{F_T}{\mu}}atau\ \sqrt{\frac{F_T.m}{m}}$$
Simpangan dan Amplitudo Gelombang
cepat rambat gelombang
Simpangan gelombang dapat didefinisikan sebagai jarak partikel yang dilalui gelombang ke titik seimbang sedangkan amplitudo didefinisikan sebagai simpangan maksimum gelombang.
Contoh Soal
Dua buah gabus berada di puncak-puncak gelombang. Keduanya bergerak naik turun diatas permukaan laut sebanyak 20 kali dalam 4 detik mengikuti arus air laut. Jika jarak kedua gabus 100 cm dan diantaranya terdapat dua lembah dan satu bukit, maka frekuensi gelombang dan cepat rambat gelombang berturut-turut adalah?
Diketahui: 
n : 20 ksli
t : 4s
2 ƛ :100 cm ; ƛ = 50 cm
Ditanya 
frekuensi gelombang (f) dan cepat rambat gelombang (v)
Dijawab
menghitung frekuensi (f)  \begin{aligned}f&=&\frac{n}{T}\\ & =& \frac{20}{4s}\\ &=& 5\ Hz\end{aligned}  menghitung cepat rambat gelombang  \begin{aligned}v&=&\lambda.f\\ v&=&50\ cm.5\ Hz\end{aligned} Jadi Jawaban dari soal tersebut adalah 5,0 Hz dan 250 cm.s⁻¹

Tidak ada komentar:

Posting Komentar