Dapatkan latihan dan pembahasan soal teori kejuruan, fisika, kimia dan matematika di situs web kami. Latihan soal untuk ujian UTS, UAS , UNBK maupun SBMPTN

Sabtu, 20 April 2019

Wajib Tahu, 5 Point Sebelum Memilih PTN Favorit di Indonesia


sbmptn

Dapat masuk kedalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan sebuah kepuasan tersendiri bagi lulusan SMA maupun SMK.  Namun kebanyakan lulusan akan mengalami dilema ketika dihadapkan pilihan kampus mana yang cocok bagi dirinya. Tekadang kita terlalu idealis terhadap pilihan kita dan tidak memperhatikan kemampuan yang kita miliki. Ada juga orang tua memaksakan anaknya untuk tetap masuk kedalam jurusan diluar kemampuan meraka sehingga meraka kesulitan untuk lulus dari univeritas tersebut. Oke berikut ini hanya pengalaman penulis dalam memilih universitas yang cocok untuk penulis

Persyaratan masuk
Sebelum anda menentukan pilihan masuk PTN favorit anda harus memperhatikan nilai yang telah anda capai selama ini ketika duduk dibangku SMK/SMA apakah memenuhi  passing grade yang diberikan kampus pilihan anda, jika tidak segera cari kampus lain yang memilki nilai passing grade dibawah nilai anda (belajar menilai diri sendiri) karena jika tetap anda paksakan untuk mengikuti ujian saringan masuk PTN akan ada dua pilihan yang pertama anda tidak dapat lolos atau yang kedua anda harus belajar ekstra keras agar anda dapat lolos Ujian masuk PTN tersebut.

Jenis PTN
Jenis PTN sangatlah penting dalam menentukan PTN mana yang harus dipilih. Jika anda sangat ingin Kuliah di Jurusan Teknik maka pilihlah Universitas yang memiliki background Jurusan Teknik seperti Institut Teknologi Bandung, Instituts Sepuluh November, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Sebelas Maret atau juga memilih Politeknik yang jelas-jelas membuka jurusan keteknikan. Dan bila anda ingin memilih kampus yang memiliki background kesehatan anda bisa memiliih universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya.

Lokasi
Lokasi merupakan salah satu hal yang harus anda perhatikan dalam memilih PTN favorit, karena setiap lokasi memiliki kesulitan tersendiri dalam menjalaninya, baik dalam segi budaya gaya hidup dan biaya hidup. Pastikan anda memilih lokasi yang sesuai dengan budget anda.

Prospek Almuni
Prospek alumni merupkan salah satu hal penting yang harus anda perhatikan!!!! karena point ini yang akan membantu anda dalam mencari pekerrjaan ketika anda sudah lulus di PTN tersebut. Karena rasa solidaritas Almamater akan selalu membantu almamaternya untuk bisa masuk ke perusahaannya, seperti seorang senior yang selalu membantu juniornya ketika kesulitan.

Akreditasi
Akreditas PTN merupakan unsur terpenting dalam memilih PTN karena setiap lembaga khususnya lembaga pemerintahan pasti akan memperhatikan nilai Akreditasi asal kampus anda. Contohnya saja dalam seleksi CPNS pasti mensyaratkan bahwa yang boleh ikut serta dalam seleksi  adalah kampus yang memiliki nilai angka akreditasi Pogram Studi minimal B. Jadi, jangan sampai anda memilih kampus asal-asalan yang penting kuliah karena pasti anda akan menyesal dikemudian hari jika anda ingin melamar pekerjaan namun terkedala persyaratan Akreditasi Progam Studi , Maka usahakanlah untuk memilih kampus yang memiliki Program Studi maupun Universitas yang memiliki angka akreditas A. 

Maka pilihlah kampus dengan bijak karena tujuan anda selain mencari ilmu di dunia perkampusan pastinya anda juga ingin mendapatkan pekerjaan yang layak ketika anda lulus nanti, jadi jangan sia-siakan waktu dan biaya anda dengan universitas yang tidak mampu memberikan jaminan masa depan yang jelas bagi anda.



SELAMAT MEMILIH KAMPUS YANG TERBAIK UNTUK ANDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar