Dapatkan latihan dan pembahasan soal teori kejuruan, fisika, kimia dan matematika di situs web kami. Latihan soal untuk ujian UTS, UAS , UNBK maupun SBMPTN

Selasa, 17 Juli 2018

Contoh dan Pembahasan Soal Proses siklus Motor Bakar 4 Langkah

4. Proses siklus pada motor bakar 4 langkah seperti gambar berikut adalah langkah 
    soal motor bakar
    A. Hisap                                                                    
    B. Tenaga                                                                  
    C. Kompresi
    D. Pembuangan
    E. Pembakaran
    Jawaban dan Pembahasan
    Berdasarkan pengertianya motor bakar merupakan mekanisme gerakan berulang ulang sehingga menghasilkan sebuah putaran yang mampu menggerakan poros engkol. 
    Mekanisme motor bakar 4 langkah dibagi menjadi 4 siklus yaitu 
    Langkah hisap (Intake)
    Langkah hisap ini bertujuan untuk menghisap udara dan bahan bakar untuk dikabutkan didalam silinder mesin motor bakar. Karena proses pengkabutan bahan bakar tersebut piston akan bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB). Selama proses langkah hisap ini klep in (intake valve) akan terbuka dan sebaliknya klep Ex (Exhaust Valve) akan tertutup. Kruk as akan mengalami perputaran 180 derajat sedangkan Noken as akan berputar 90 derajat.
    Langkah kompresi (Compression)
    Pada saat langkah kompresi udara akan termampatkan masuk didalam combustion chamber yang mengakibatkan temperatur udara dari silinder akan naik karena proses kompresi tersebut sehingga akan mengakibatkan piston bergerak dari titik bawah menuju titik mati atas. dan saat piston bergerak klep klep in (intake valve) akan tertutup dan sebaliknya klep Ex (Exhaust Valve) akan terbuka. Kurang lebih 15 derajat dari titik mati atas busi akan menyalakan percikan api yang menyebabkan terjadinya pembakaran dan selama proses ini berlangsung kruk as berada diposisi sempurna yaitu 360 derajat sedangkan noken as akan berada diposisi 180 derajat.
    Langkah pembakaran (Combustion)
    Ketika langkah pembakaran dimulai dengan menyalakan busi sehingga menyebabkan terbakarnya bahan bakar yang telah bersenyawa dengan udara. Dalam proses pembakaran ini akan menyababkan ledakan api yang akan mendorong piston menuju ke bawah untuk menggerakan Kruk AS (crangsaft, yang mana perputaran atau gerakan kruk as ini akan memutar fly wheel yang akhirnya memutar gear untuk memutar roda kendaraan.
    Langkah pembuangan (Exhaust)
    Ketika langkah pembuangan klep ex akan terbuka dan klep in akan tertutup, kemudian dilanjutkan dengan piston naik karena dorongan balik dari kruk as tersebut setelah proses pembakaran dilakukan. Masa sisa pembakaran tersebut akan didorong keluar oleh piston melalui exhaust port ,maka setelah satu siklus kerja dari sebuah mesin 4 tak dan siklus tersebut akan terjadi berulang ulang dengan sangat cepat. Untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi berikut ini.
    Animasi moto bakar 4 tak
    Animasi siklus 4 tak
    Jika diperhatikan gambar diatas sedang mengalami proses menghisap bahan bakar dan udara dan piston bergerak dari TMA menuju TMA. Jika dianalisis gambar diatas sedang mengalami langkah hisap. dan jawaban dari soal diatas adalah A. Langkah Hisap


2 komentar:

  1. Mantap min buat belajar tqtq

    BalasHapus
  2. terimakasih sudah mau berkunjung diwebsite kami, jangan lupa untuk klik ikuti untuk mensupport website kami

    BalasHapus